Penanganan Kemacetan Tol Jakarta-Tangerang

Bagikan

Pesansingkat.id,JAKARTA – Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Bambang Prihartono mengatakan, Pemerintah akan segera menerapkan paket kebijakan penanganan kemacetan di Tol Jakarta-Tangerang terhitung mulai Senin ini. (REPUBLIKA.co.id)

BPTJ sebelumnya sudah menyelesaikan kajian penanganan kemacetan di Tol Jakarta-Tangerang. Kajian tersebut menghasilkan paket kebijakan, yaitu penerapan skema ganjil-genap untuk kendaraan pribadi pada pintu masuk Tol Kunciran 2 dan Tangerang 2 arah Jakarta, pembatasan kendaraan berat angkutan barang golongan III, IV, dan V di ruas Cikupa-Tomang, dan pemberlakuan Lajur Khusus Angkutan Umum (LKAU) mulai ruas Tangerang Kebon Jeruk.

Paket kebijakan yang uji cobanya sama seperti yang dilakukan di Tol Jagorawi tersebut akan berlaku pada Senin-Jumat setiap pekannya. Paket kebijakan akan diterapkan pukul 06.00 sampai 09.00 WIB, kecuali hari libur nasional.

Diharapkan paket kebijakan ini bisa mengurangi kepadatan tol Jakarta-Tangerang yang kerap terjadi pada waktu berangkat kerja. Karena Tangerang merupakan kota penyangga Jakarta yang sebagian besar masyarakatnya bekeja di kota Jakarta. Diharapkan dengan adanya kebijakan ini masyarakat lebih memilih kendaraan umum untuk berangkat kerja, seperti kereta commuter atau bus.

“Uji coba paket kebijakan penanganan kemacetan Tol Jakarta-Tangerang, akan dimulai 16 April 2018. Diharapkan Mei 2018, kebijakan sudah diimplementasi secara penuh,” kata Bambang Prihartono selaku Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ).

(Machyd)


Bagikan

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*