Musyawarah Lah!

Bagikan

PesanSingkat.ID, Serpong – Lagi lagi quran, Tak habis-habis inspirasi yang ada di dalamnya.

Merugilah bagi mereka yang menjauhinya, dan amat beruntung bagi mereka yang membersamainya.

Syuro/Meeting/Musyawarah ternyata AlQur’an memerintahkannya,

“Dan (bagi) orang-orang yang menerima (mematuhi) seruan Tuhannya dan mendirikan shalat, sedang urusan mereka (diputuskan) dengan musyawarat antara mereka; dan mereka menafkahkan sebagian dari rezeki yang Kami berikan kepada mereka.”
(QS AS SYUURO : 38)

Ayat ini menjadi hujjah urgensinya syuro.

Hal pertama karena ayat tersebut menyebut syuro bersamaan dengan shalat.

Selain itu, syuro juga hendaknya menjadi budaya bagi muslim dalam kehidupan sehari hari..

Sebagaimana kutipan firmanNya dalam surah Ali Imron 159, “…….wasyawirhum fil amr….”
Bermusyawarahlah dalam urusan…

Musyawarah /syuro/meeting. Aktivitas ini nampak tak bisa terlepas dari kita, baik dalam dunia kerja, bisnis, dan komunitas.

Apa kah jdi kontrakproduktif jika menjadikan syuro sebagai budaya? Tidak! Karena menjadikan syuro produktif adalah tanggung jawab bersama anggota syuro itu sendiri. Akan sia sia jika anggotanya menjadikan sia sia, akan produktif dan efektif jika anggotanya menjadikan demikian.

Karena pada dasarnya pengambilan keputusan dalam syuro adalah diperuntukan untuk kemaslahatan bersama, bukan sebagian pihak.

Oleh sebab itu mentaati hasil keputusan syuro/meeting adalah WAJIB. Ada adab adab nan mulia juga diajarkan islam terkait syuro.

Islam itu sangat adil, dalam syuro kita diperkenankan memberikan pendapat dan masukan-masukan untuk dimusyawarahkan. Tidak otoriter dan antagonis!

So, memang kehidupan berjamaah/bersama itu penuh dengan rasa, salah satu bumbu penyedapnya adalah musyawarah. Musyawarah lah!

@bayualbassam


Bagikan

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*